Alur penerimaan program SSW/Tokutei Ginou (untuk pendatang baru/newcomer)

Konnichiwa!

Minasan, genki desuka? Semoga sehat-sehat aja ya~ Balik lagi bersama mimin #TipTapJapan di weekend ini. Kali ini mimin mau bahas tentang alur penerimaan program SSW atau dikenal juga dengan Tokutei Ginou. Perekrutan SSW ini sebenarnya terbagi dua, yakni pendatang baru/newcomer dan ex-magang. Kali ini mimin mau bahas yg pendatang baru dulu aja, biar ngga terlalu panjang dan karena peminatnya juga jauh lebih banyak yg pendatang baru ini. Yuk cus lah~

Pertama-tama, SSW pendatang baru itu apa sih? Pendatang baru itu simpelnya orang yg dianggap ngga punya pengalaman apapun di Jepang. Sekalipun kalian ex-magang nih, tapi kalau ngga memenuhi persyaratan sebagai ex-magang, kalian akan tetep dianggap sebagai pendatang baru.

Lalu, pertanyaan yg sering mampir ke mimin “Min, ada rekomendasi LPK buat SSW ngga?”. Nah, sebenarnya ikut program SSW itu ngga perlu melalui LPK kok, alias kalian bisa berangkat secara mandiri. Tapi… kalau kalian ngga tahu harus bagaimana, mimin menyarankan lebih baik kalian daftar ke LPK atau P3MI supaya kalian punya gambaran yg lebih jelas.

Nah, kalau kalian lebih milih ikut mandiri, kalian harus siapkan sendiri persyaratan sertifikatnya. Kalau sudah, kalian bisa menghubungi pihak Jepang yg namanya Touroku Shien Kikan (TSK) atau gampangnya merekalah agen penyalur kalian di Jepang. Daftar TSK nya bisa dilihat di sini https://drive.google.com/…/1yL5SN5WaVJLUKhBvKX0…/view… . Selanjutnya kalian akan diarahkan oleh pihak TSK, mulai dari wawancara, pengurusan dokumen, hingga keberangkatan.

Nah, yang agak beda dibanding magang itu alur sebelum keberangkatannya. Kalian wajib registrasi sebagai calon peserta SSW di SISKOTKLN (http://siskotkln.bnp2tki.go.id/), ini penting untuk persyaratan pengurusan paspor dan Visa. Kalian nanti juga akan mendapat pembekalan dari pemerintah melalui instansi BP3TKI. Soal registrasi SISKOTKLN ini mimin bakal bahas lebih lengkap lain kali ya.

Kalau kalian lebih milih daftar ke LPK/P3MI, hal yang terpenting adalah memastikan reputasi lembaga tersebut dan memahami detail job yang ditawarkan. Sisanya sama kaya alur penerimaan magang (Baca: Alur penerimaan program magang jalur swasta (yang legal)), cuma ditambahin wajib registrasi di SISKOTKLN seperti yg udah mimin jabarkan di atas.

Saran terakhir dari mimin, sebaiknya kalian udah punya sertifikat JLPT/JFT dan Skill Prometric sebelum daftar ke LPK. Kok gitu min? Iya, supaya kalian bisa punya daya tawar lebih ke LPK, jadi kalian bisa memilih LPK dengan job terbaik. Misal kalian mau daftar ke LPK A, tapi ternyata jobnya tidak terlalu menarik, kalian bisa batal daftar dan akhirnya milih ke LPK B atau LPK lainnya.

Segitu dulu aja deh ya, kita bahas yang lain lagi minggu depan. Kalau ada saran dan kritik boleh komen di bawah atau langsung DM kita. Mata raishuu~!